Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca atau Sering Error

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca atau Sering Error – Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan anda tentang bagaimana mengatasi sim card yang error atau tidak terbaca. Bagi pengguna smartphone, tentu kita memiliki sim card yang harus di pasang di smartphone kita, namun bagaimana jadinya jika sim card yang kita pasang tidak terdeteksi, error atau tidak terbaca ? Tentunya ini akan menjadi hal yang sangat kesal bagi kita. Namun anda tidak usah khawatir, karena di kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan anda mengenai bagaimana cara mengatasi kartu SIM yang sering tidak terbaca. Adapun untuk kartu SIM yang di maksud, seperti kartu SIM Telkomsel, kartu SIM Axis, kartu SIM XL, kartu SIM Indosat, kartu SIM Tri, kartu SIM smartpfren serta yang lainnya.

Biasanya pada saat kartu SIM yang tidak terbaca terjadi saat kita melepas kartu SIM yang memang sudah biasa kita pakai, dari kasus ini mungkin saja kita terlintas apakah kuningan dari kartu tersebut kotor ? atau retak. Yah, salah satu penyebab kartu SIM yang error atau tidak terbaca terjadi karena logam kuning yang retak, tergores dan kotor. Jika kartu SIM masih keadaan bagus, maka anda wajib mencoba cara yang akan kami bagikan untuk anda. Baiklah, yuk kita langsung saja baca selengkapnya dibawah ini.

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca atau Error di HP Android

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca atau Sering Error

  1. Lihat Bagian Konektor dan Bersihkan

Cara pertama, kita bisa melihat bagian konektornya, dimana pada bagian ini kita bisa melihat apakah ada debu atau kotor. Mengapa kita harus membersihkan bagian konektor ? karena SIM Card bisa saja terhalang debu atau kotoran sehingga SIM yang di masukan tidak terdeteksi alis tidak terbaca. Maka dari itu silahkan anda bersihkan tempat konektornya menggunakan lap yang halus dan kering. Setelah di bersihkan, maka silahkan anda pasang kembali SIM cardnya apakah sudah terbaca atau belum.

2. Cek dengan SIM Card Lainnya

Jika kita mengalami SIM card error, maka kita bisa mengecek apakah memang dari SIM card kita yang sudah error atau tidak. Ini merupakan cara lanjutan dari cara di atas. Apabila SIM Card yang kita masukan error, maka kita bisa mencoba dengan menggunakan SIM Card yang lainnya, jika saat menggunakan SIM Card yang lain bisa terbaca, maka memang benar sim card kita yang rusak atau error, akan tetapi jika sim card kedua tetap tidak terbaca, maka mungkin ada kerusakan di bagian konektornya. Mau tidak mau anda harus membernarkan bagian konektornya di konter hp.

3. Lakukan Reset HP Anda

Cara yang ketiga yang cukup ampuh untuk mengatasi sim card yang error atau tidak terbaca adalah dengan cara mereset smartphone kita. Namun sebelum mereset anda harus menyimpan data di smartphone di memori yang lain atau memindahkannya di PC, pasalnya jika smartphone kita di reset maka data yang ada pada smartphone akan hilang semua.

Mengapa kita harus melakukan reset untuk mengatasi sim card error ? karena mungkin saja pada smartphone kita terdapat aplikasi atau software yang rusak. Untuk mereset smartphone, anda bisa masuk di bagian setting atau pengaturan, lalu scrol ke bawah, pilih setelah pabrik. Selanjutnya anda hidupkan kembali smartphone anda. Cobalah apakah sim card telah terbaca atau belum.

Cara ini mungkin saja akan terjadi di hp samsung, oppo, lenovo, asus, vivo, sony, iPhone, wiko, infinix, Xiaomi, advan, Asus Zenfone, Nokia, Blackberry, di modem, di tablet serta hp canggih android lainnya. Sedangkan mungkin saja untuk kartu SIM yang error meliputi kartu AS, simpati, Loop, Axis, Axis Hitz, Tri 3, XL, Indosat, smartfren serta kartu lainnya. Silahkan anda coba dengan cara di atas ya sobat.

Baca juga :

Nah, itulah 3 cara mengatasi sim card yang suka tidak terbaca atau error. Mungkin saja cara di atas akan berguna saat anda mengalami hal tersebut. Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan, semoga apa yang kami ulas ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca atau Sering Error | marno | 4.5