Cara Shut Down atau Mematikan Komputer Secara Otomatis

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Dengan Shutdown Timer – Jika biasanya mematikan komputer selalu dengan cara manual yaitu dengan mengeklik menu Start lalu memilih Shut Down, maka cara satu ini bisa mematikan komputer atau shut down otomatis berdasarkan waktu yang bisa di atur sendiri. Dengan begitu ke depannya tidak perlu repot mematikan komputer secara manual sehabis bekerja ketika jam pulang tiba atau tidak perlu khawatir jika tiba-tiba ketiduran dalam keadaan komputer masih menyala.

Cara mematikan komputer dengan timer ini menggunakan Command Prompt atau biasanya juga dikenal dengan nama CMD. Command Prompt (Executable cmd.exe) adalah fitur yang secara default sudah tersedia di komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Command Prompt ini memiliki banyak kegunaan seperti melihat IP Address komputer, membuka layanan konfigurasi pada komputer atau untuk mengetahui OS apa yang digunakan. Selain itu Command Prompt juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sistem operasi Windows jika terkena virus atau mengalami masalah.

Cara Shut Down atau Mematikan Komputer Secara Otomatis

Menggunakan Command Prompt ini lebih ringan dibandingkan jika mengakses program lain. Berikut adalah cara mematikan komputer secara otomatis dengan shutdown timer menggunakan Command Prompt, tanpa perlu aplikasi khusus:

Cara Shut Down atau Mematikan Komputer Secara Otomatis

  1. Pertama-tama, dalam keadaan menyala, buka Command Prompt di komputer dengan menekan tombol Windows + R bersamaan pada keyboard atau klik menu Start lalu pilih Run.
  2. Setelah itu ketik CMD pada kolom yang tersedia di samping tulisan Open: lalu tekan enter atau klik OK. Mengetik CMD bisa menggunakan lowercase atau huruf kecil maupun uppercase atau caps lock.
  3. Jika tampilan Command Prompt sudah muncul, maka ketik: shutdown –s –f –t 3600 lalu tekan enter untuk mengaktifkannya.

Perintah shutdown timer tersebut memiliki kode-kode yang memiliki arti tersendiri. Parameter –s memiliki arti sebagai perintah untuk shutdown. Parameter –f berarti Force dengan maksud komputer akan tetap melakukan proses shutdown meskipun ada program yang masih jalan. Parameter –t memiliki arti timer atau waktu. Sedangkan 3600 adalah waktu hitungan kapan komputer akan shutdown secara otomatis. Hitungan yang digunakan untuk perintah ini menggunakan satuan detik. 3600 detik berarti komputer akan melakukan proses shut down satu jam lagi. Hitungan ini bisa diatur sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Cara yang sudah dijelaskan di atas memiliki versi lain. Ada yang menambahkan .exe di belakang kata shutdown (shutdown.exe), ada pula yang menghilangkan parameter –f pada perintah shutdown timer. Jika tidak ada –f maka komputer tidak akan melakukan proses shutdown apabila masih ada program yang aktif atau masih digunakan di komputer.

Selain itu bisa juga menambahkan teks yang akan muncul sebelum komputer melakukan proses shut down otomatis. Caranya yaitu dengan menambahkan parameter –c diikuti dengan kata-kata yang ingin dimunculkan setelah parameter –s dengan diawali dan diakhiri tanda kutip. Sebagai contoh: shutdown.exe –s –c “Hati-hati komputer ini akan mati dengan sendirinya dalam waktu 10 menit” –t 600 lalu tekan enter.

Jika ingin membatalkan perintah shutdown timer yang sudah terlanjur di buat maka cara membatalkannya cukup dengan membuka Command Prompt kembali lalu ketik: Shutdown –a lalu tekan enter pada keyboard. Semoga informasi tentang cara mematikan komputer secara otomatis dengan shutdown timer menggunakan Command Prompt, tanpa perlu aplikasi khusus ini bisa membantu dan bermanfaat sehingga bisa menghemat listrik dan dapat meminimalisasi kemungkinan-kemungkinan buruk yang tidak diinginkan terjadi. Cara ini bisa anda terapkan untuk mematikan secara otomatis di windows 8, 10 serta laptop atau komputer lainnya.

Baca juga :

Hanya itu yang bisa kami sampaikan, semoga apa yang kami ulas ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih ya sobat telah mengunjungi website kami, dan jangan lupa untuk berbagi di media sosial yah.

Cara Shut Down atau Mematikan Komputer Secara Otomatis | marno | 4.5